PENGERTIAN MANAJEMEN DAN ASAZ-ASAZ MANAJEMEN
Istilah manajemen yang bahasa
Inggrisnya “management” berasal dari beberapa bahasa seperti: (1) Bahasa
Latin,yakni “managiere” yang artinya melakukan, melaksanakan, mengurus sesuatu
(Tanthowi, 19830); (2) Bahasa Italia, “maneggiare”artinya melatih kuda atau
secara harfiah berarti mengendalikan = to handle (Silalahi, 1989); (3) Bahasa
Prancis, yaitu “manege” atau “manage” artinya tindakan membimbing, memimpin,
mengemudikan, mengurus, memerintah dan kata manage juga berarti “tempat latihan
kuda”, “penjinakan kuda” (Tanthowi, 1983, Atmosudirdjo, 1986) ; (4) Bahasa
Inggris sendiri istilah itu dikenal dengan “management” yang bentuk
infinitifnya adalah “to manage” yang berarti menangani, mengendalikan,
menguasai, mengurus, menyelesaikan sesuatu (Atmosudirdjo, 1986).
Apabila
diperhatikan secara cermat kegiatan-kegiatan yang dikandung dari istilah asal
usul manajemen tersebut diatas, yakni : melakukan, melaksanakan, mengurus,
mengendalikan, membimbing, memimpin, mengemudikan, memerintah. melatih,
menguasai, dan menyelesaiakan, ternyata mempunyai kesamaan dengan
kegiatan-kegian yang dikandung oleh istilah “menata” atau “penataan”yang
merupakan kegiatan administrrasi. Jadi, memang wajar kalau ada pandangan
dari beberapa ahli yang menyamakan istilah administrasi dengan manajemen.
Definisi manajemen menurut para pakar adalah sebagai
berikut
Definisi manajemen
dari beberapa sarjana Indonesia.
a) Sukamto Reksohadiprodjo, M. COM.
Manajemen adalah suatu usaha merencanakan,
mengorganisasikan, menggerakkan, mengkoordinasikan, serta mengawasi kegiatan
dalam suatu organisasi agar tujuan organisasi tercapai secara efisien dan
efektif.
b) Prof. Dr. Sondang P. Siagian, MPA.
Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk
memperoleh suatu hasil dalam rangka mencapai tujuan melalui kegiatan-kegiatan
orang lain.
c) Drs. Sukarno K.
Manajemen berarti proses pembimbingan dan pengawasan
terhadap segala kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang untuk mencapai tujuan
yang dikehendaki.
d) Prof. Dr. Mr. S. Prajudi Atmosudirdjo
Manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan
menggerakan orang-orang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.
e) Drs. The Liang Gie
Manajemen adalah proses yang menggerakkan tindakan-
tindakan dalam usaha kerja sama manusia sehingga tujuan yang telah ditentukan
benar-benar tercapai.
2. Definisi manajemen dari beberapa sarjana
barat
a) George R. Terry
Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan
terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
b) John D. Millet
Manajemen adalah proses penyediaan fasilitas-fasilitas
kerja dan pembimbingan terhadap orang-orang yang tergabung dalam suatu
organisasi resmi untuk mencapai sesuatu tujuan.
c) Harold Kcontz dan Cyrill O’donnel
Manajemen adalah penyelesaian pekerjaan melalui
kegiatan-kegiatan dari orang lain.
KONSEP DASAR MANAJEMEN
A. Definisi dan Batasan Manajemen
Manajemen berasal dari kata ‘to
manage‘ yang artinya mengatur. Istilah Manajemen (management) telah
diartikan oleh berbagai pihak dengan perspektif yang berbeda, misalnya
pengelolaan, pembinaan, pengurusan, ketatalaksanaan, kepemimipinan, pemimpin,
ketata pengurusan, administrasi, dan sebagainya.
Mendefinisikan Managment ada berbagai
ragam, ada yang mengartikan dengan ketatalaksanaan, Managment pengurusan dan
lain sebagainya. Pengertian Managment dapat dilihat dari tiga pengertian.
1. Manajemen sebagai suatu proses
2. Manajemen sebagai suatu
kolektivitas manusia
3. Manajemen sebagai ilmu ( science ) dan
sebagai seni
Managment sebagai suatu proses,
dapat dilihat dari pengertian menurut : Encylopedia of
the social science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu
dilaksanakan dan diawasi.
Haiman, Managment yaitu fungsi untuk mencapai suatu
tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi usaha-usaha yang dilakukan
individu untuk mencapai tujuan
Georgy R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang
telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.
Managment sebagai kolektivitas
yaitu merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang
bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas atau kumpulan
orang-orang inilah yang disebut dengan Manajemen, sedang orang yang bertanggung
jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya aktivitas Managment
disebut Manajer.
B. Manajemen Sebagai Ilmu dan
Seni
Management
merupakan suatu ilmu dan seni, mengapa disebut demikian, sebab antara keduanya
tidak bisa dipisahkan. Managment sebagai suatu ilmu pengetahuan, karena telah
dipelajari sejak lama, dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori. Hal ini
dikarenakan didalamnya menjelaskan tentang gejala-gejala Managment,
gejala-gejala ini lalu diteliti dengan menggunakan metode ilmiah yang
dirumuskan dalam bentuk prinsip-prinsip yang diujudkan dalam bentuk suatu
teori.
Sedang
Managment sebagai suatu seni, disini memandang bahwa di dalam mencapai suatu
tujuan diperlukan kerja sama dengan orang lain, nah bagaimana cara
memerintahkan pada orang lain agar mau bekerja sama. Pada hakekatnya kegiatan
manusia pada umumnya adalah managing (mengatur ) untuk mengatur disini diperlukan
suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaan untuk mencapai tujuan
bersama.
Managment
sebagai suatu ilmu dan seni, melihat bagaimana aktivitas Managment dihubungkan
dengan prinsip-prinsip dari Managment. Pengertian Managment sebagai suatu ilmu
dan seni dari :
Chaster I
Bernard dalam bukunya yang berjudul The function of the executive, bahwa
Managment yaitu seni dan ilmu, juga Henry Fayol, Alfin Brown Harold, Koontz
Cyril O’donnel dan Geroge R. Terry.
Marry Parker
Follett menyatakan bahwa Managment sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan
melalui orang lain. Konsep Dasar Manajemen
Dari devinisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa
Managment yaitu koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan,
pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan dan pengawasan untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
C. Manajemen Sebagai Suatu Profesi
Manajemen
diartikan profesi karena manajemen membutuhkan keahlian tertentu dalam mencapai
tujuan. Manajemen menurut parker (stoner dan freeman2000) ialah seni
melaksanakan pekerjaan melalui orang-orang (the art of getting things done
through poeple).
Dalam jaman
modern ini semua jenis kegiatan selalu harus diManagmenti, dalam arti aturan
yang jelas, dan sekarang boleh dikatakan bahwa bidang Managment sudah merupakan
suatu profesi bagi ahlinya. Mengapa demikian karena dalam kegiatan apapun
pekerjaan harus dikerjakan secara efisien dan efektif, sehingga diperoleh
masukan atau input yang besar.
Edgar H Schein
dalam bukunya yang berjudul organization socialization and the profession of
Manajemen menguraikan karakteristik atau criteria-kriteria sesuatu bisa
dijadikan suatu profesi yaitu :
Para
professional membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum yang berlaku
dalam situasi dan lingkungan, hal ini banyak ditunjang dengan banyaknya
pendidikan-pendidikan yang tujuannya mendidik siswanya menjadi seorang
professional. Misalnya Akademi Pendidikan Profesi Manajemen, kursus-kursus dan
program-program latihan dan lain sebagainya.
Para profesioal
memperoleh status dengan cara mencapai suatu standar prestasi kerja tertentu,
ini tidak didasarkan pada keturunan, favoritas, suku bangsa, agama dam
criteria-kriteria lainnya.Para professional harus ditentukan oleh suatu kode
etik yang kuat.
B. Asas-Asas Manajemen
Asas (prinsip) adalah merupakan suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum yang dapat dijadikan pedoman pemikiran dan tindakan. Asas-asas muncul daru hasil penelitian dan pengalaman. Asas ini sifatnya permanen, umum, dab setiap ilmu pengetahuan memiliki asas yang mencerminkan intisari kebenaran dasar dalam bidang ilmu tersebut. Asas adalah dasar tetapi bukanlah sesuatu yang absolut atau mutlak , artinya penerapan asas harus mempertimbangkan keadaan-keadaan khusus, situasi dan keadaan yang berubah. Dengan menggunakan asas manajemen, seorang manajer dapat mengurangi atau menghindari kesalahan-kesalahan dasar dalam menjalankan pekerjaannya.
C. Asas-asas Umum Manajemen
Asas-asas Umum Manajemen (General Principles of Management), menurut Henry fayol adalah sebagai berikut:
1)
Division of work (asas pembagian kerja)
2)
Authority and responsibility (asas wewenang dan
tanggung jawab)
3)
Discipline (asas disiplin)
4)
Unity of command (asas kesatuan perintah)
5)
Unity of Direction (asas kesatuan jurusan atau arah)
6)
Subordination of individual interest into general
interest (asas kepentingan umum diatas kepentingan pribadi)
7)
Renumeration of Personnel (asas pembagian gaji yang
wajar)
8)
Centralization (asas pemusatan wewenang)
9)
Scalar of Chain (asas hierarki atau asas rantai
berkala)
10)Order (asas
keteraturan)
11)Equity (asas
keadilan)
12)Iniative (asas
inisiatif)
13)Esprit de Corps
(asas kesatuan)
14)Stability of
Turn – over Personnel (asas kestabilan masa jabatan)
REFERENSI
AND SUMBER
Handoko, T. H. (2009) Manajemen. Edisi 2. BPFE:
Yogyakarta
Hasibuan, M. S. P. (2008) Manajemen Sumber Daya Manusia. Sinar Grafika Offset : Jakarta
Hasibuan, M. S. P. (2008) Manajemen Sumber Daya Manusia. Sinar Grafika Offset : Jakarta
0 komentar:
Posting Komentar