EXTRAWEBDIA.COM

EXTRAWEBDIA.COM

Sabtu, 07 Maret 2015

Pengertian pancasila dan ideologi


Pengertian pancasila dan ideologi




1.       IR. SOEKARNO
Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun-temurun sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Dengan demikian, Pancasila tidak saja falsafah negara, tetapi lebih luas lagi, yakni falsafah bangsa Indonesia

2.      PANITIA LIMA
Pancasila adala lima asas yang merupakan ideologi negara. Kelima sila itu merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Hubungan antara lima asa erat sekali, berangkaian, dan tidak berdiri sendiri.

3.      PROF. DRS. MR NOTONEGORO
Pancasila merupakan dasar falsafah negara Indonesia

4.      PADA LAMBANG NEGARA RI "GARUDA PANCASILA"
Pancasila adalah dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan, serta sebagai pertahanan bangsa dan negara Indonesia

5.       BUNG YAMIN
Pancasila adalah weltanschauung, falsafah negara Republik Indonesia, bukan satu agama baru!

1.       LOUIS ALTHUSSER
Ideologu merupakan sistem keyakinan yang menyembunyikan kontradiksi-kontradiksi internalnya. Artinya, dalam setiap ideologi disembunyikan kontradiksi-kontradiksi dalam ajaran-ajarannya.

2.      FOUCAULT
Ideologi tersangkut dengan 4 hal, yaitu: ekonomi sebagai basisnya, kelas yang berkuasa, kekuasaan represif, dan sesuatu yang berlawanan dengan kebenaran sejati

3.      BP-7 Pusat (Saat ini sudah dilikuidasi)
Ideologi adalah ajaran, doktrin, teori yang diyakinin kebenarannya yang disusun secara sistematis dan diberi petunjuk pelaksanaan dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam masyarakat, berbangsa, dan bernegara

4.      Prof. Dr. Maswadi Rauf
Ideologi adalah rangkaian (kumpulan) nilai yang disepakati bersama untuk landasan atau pedoman dalam mencapai tujuan atau kesejahteraan bersama

5.      GLOCK
Ideologi adalah sautu visi, sutau gambaran verbal tentang masyarakat yang baik dan sarana-sarana utama untuk mencapainya

6.      LORENS BAGUS
a.       Secara harafiah: Ideologi merupakan ilmu pengetahuan tentang ide, suatu studi tentang asal usul ide.
b.      Dalam penggunaan modern: Ideologi berarti teorisasi atau spekulasi dogmatik dan khayalan kosong yang tidak betul atau tidak realistis, bahkan palsu dan menutup-nutupi realitas yang sesungguhnya.
c.       Dalam arti melioratif: ideologi adalah setiap sistem gagasan yang mempelajari keyakinan hal-hal ideal, filosofis, ekonomis, politis, dan sosial.   
Setelah mengetahui pengertian ideologi, kita juga harus mengetahui fungsi dari ideologi tersebut.
7.      Soerjanto Poespowardojo mengemukakan fungsi ideologi sebagai berikut:

a)     Struktur kognitif, yakni keseluruhan pengetahuan yang dapat merupakan landasan untuk memahami kejadian dalam keadaan alam sekitarnya.
b)     Orientasi dasar, dengan membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan masyarakat.
c)      Norma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang.
d)     Bekal dan jalan bagi seseorang untuk menentukan identitasnya.
e)     Kemampuan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan.
f)       Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, serta mempolakan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung didalamnya.

8.      M. Sastrapratedja
Ideologi adalah seperangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur, ideologi mengandung beberapa unsur sebagai berikut:
Adanya suatu penafsiran atau pemahaman terhadap kenyataan
a.       Setiap ideologi memeuat seperangkat nilai-nilai atau preskripsi moral (nilai-nilai moral)
b.      Ideologi memuat sesuatu orientasi pada tingkatan, ideologi merupakan suatu pedoman kegiatan untuk mewujudkan nilai-nilai yang termuat didalamnya.
9.      Soerjanto Poespowardojo
Ideologi adalah produk kebudayaan suatu masyarakat dan karena itu dalam arti tertentu merupakan manifestasi kenyataan sosial juga.

10.  Edward Skils
ideologi adalah suatu institusional falsafalah atau sebagai falsafalah yang sudah dibakukan. Ideologi mempunyai ciri sebagai rumusan yang lugas mengenai berbagai masalah, bersifat mengikat bagi para penganutnya, dan berkisar pada satu nialai dasar sebagai inti.

11.  Alfian
Ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil. Mengantur tingkah laku bersama dalam berbagai kehidupan. Dalam ideologi berisi keyakinan moral yang diwujudkan dalam pola kehidupan bersama untuk mencapai cita-cita.

12.  Ideologi Negara dalam arti cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi basis dalam suatu sistem kenegaraan pada hakekatnya merupakan asas kerohanian yang antara lain memiliki ciri-ciri:
a.       Mempunyai derajat yang tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan.
b.      Oleh karena itu, ideologi mewujudkan suatu asa kerohanian, pandangan, pandangan hidup, pegangan yang dipelihara, dikembangkan, diamalkan, dilestarikan, kepada generasi berikutnya, diperjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban.
c.       Proses Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara ,

 Proses lahirnya Pancasila sebagai dasar Negara diawali dari janji Jepang untuk memberikan hasiah kemerdakaan kepada bangsa Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan dibentuknya BPUPKI, 29 April 1945 yang keanggotaanya diresmikan pada 28 Mei 1945. Badan ini kemudian mengadakan sidang dua kali.



0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA SEMOGA BERMANFAAT DAN JANGAN LUPA COMENT NYA YA