EXTRAWEBDIA.COM

EXTRAWEBDIA.COM

Sabtu, 28 Maret 2015

Perilaku Organisasi Dalam Konteks Global


Perilaku Organisasi Dalam Konteks Global

Dalam era globalisasi dimana batasan batasan ekonomi antara Negara semakin kabur. Oorganisasi harus mengubah cara pandangnya kearah yang lebih global. Apabila organisasi mengunakan pola pandang yang empit, organisasi akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan diri dan mempertahankan eksistensinya. Usaha untuk memperluas wawasan akan mempengaruhi perilaku organisasi suatu organisasi
Keberhasilan suatu organisasi yang beroperasi secara global tidak dapat dipisahkan dari kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perpedaan-perpedaan ang ada. Perbedaan itu dapat berupa system politik abtar Negara ,kebiasaan masyarakat atau bahasa dan kebudayaan.
Dalam konteks globalisasi perbedaan antar anggota organisasi dapat menghabat kegiatan organisasi. Hal ini akan terjadi  jika masing-masing anggota tidak menyesuaikan diri dengan suatu kebudayaan asing , karena indifidu memiliki pandangan yang sempit (hanya berorentasi pada kebudayaan sendiri). Factor yang menghambat asimilasi kebudayaan apabila adanya pemikiran bahwa kebudayaan orang lain lebih jelek dari pada kebudayaan sendiri, ysng berarti kurang menghargai orang lain .
Perbedaan nilai-nilai kebudayaan timbul karena perbedaan dimensi-dimensi kebudayaan. Dimensi-dimensi kebudayaan ,yang dimaksud seperti:
a.       Hubungan manusia dengan alam
b.      Orientasi pada waktu
c.       Sifat manusia
d.      Orientasi kegiatan
e.       Hubungan manusia dengan sesamanya
f.       Gambaran/konsepsi tentang ruang atau tempat
Pemahaman tentang dimensi-dimensi kebudayaan tersebut sangat diperlukan untuk mengelola organisasi  Dalam konteks global , karena perbedaan pengetahuan akan mempengaruhi perilaku anggota organisasi (manusia),yang pada akhirnya akan mempengaruhi pncapaian tujuan organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA SEMOGA BERMANFAAT DAN JANGAN LUPA COMENT NYA YA